RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN 24 Pontianak Tenggara
Kelas / Semester :
VI (Enam ) / I (Satu)
Mata Pelajaran/Tema : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan :
1 x Pertemuan
A.
Standar
Kompetensi
4.
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama
B. Kompetensi Dasar
4.1
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi dan ekspresi tepat yang tepat
C. Indikator
6.2.1
Memerankan tokoh drama dengan lafal,
intonasi dan ekspresi yang tepat
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat memerankan tokoh
drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Bermain
peran
E.
Materi
Ajar : Drama Anak
Sub Materi :
1. Pengertian
drama (terlampir)
2. Unsur-unsur
drama (terlampir)
3. Contoh
drama (terlampir)
4. Membaca
naskah drama
F.
Alokasi
Waktu
3 x 35 Menit
G.
Metode
Pembelajaran
1.
Demonstrasi,
2.
Simulasi
3.
Tanya jawab
4.
Penugasan
H. Kegiatan Pembelajaran
a.
Pendahuluan
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Peserta
didik memulai kegiatan dengan berdoa
3.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
4.
Guru
memeriksa kebersihan kelas dan kerapian peserta didik
5.
Guru
bertanya jawab tentang materi drama
“Anak-anak pernahkah kalian menonton film di televisi?”
6.
Guru
menginformasikan materi yang akan diajarkan
7.
Guru
menginformasikan tentang tujuan pembelajaran
8.
Mengkondisikan
kelas/kontrak pembelajaran
b.
Inti
1.
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi drama (eksplorasi)
2.
Guru
bertanya jawab kepada siswa tentang unsur-unsur drama (eksplorasi)
3.
Guru
mencontohkan membaca drama dengan unsur-unsur yang harus diperhatikan
(elaborasi)
5.
Siswa mempelajari
contoh naskah drama (elaborasi)
6.
Siswa bersama kelompoknya membaca naskah drama
menggunakan unsur-unsur yang sudah dipelajari dan dicontohkan oleh guru di
depan kelas (elaborasi)
7.
Guru memberikan penghargaan kepada siswa karena telah
menampilkan drama di depan kelas (konfirmasi)
8.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi tentang drama yang
telah diperankan (konfirmasi)
c.
Penutup
1. Guru
mengadakan refleksi
2. Guru
mengadakan tindak lanjut
I.
Penilaian Hasil Belajar
A.
Teknik
: Tes
B.
Prosedur
Penilaian hasil : Kemampuan siswa menyelesaikan soal
C.
Jenis
tes : Essay
D.
Soal
evaluasi dan kunci jawaban (terlampir)
E.
Penilaian
(terlampir)
J.
Media dan Sumber Belajar
1. Media
a.
Naskah
drama
b.
Soal
2. Sumber
belajar
K.
Alokasi
waktu
2 x 35 menit
L. Metode Pembelajaran
1.
Ekspositori
2.
Tanya Jawab
3.
Demonstrasi
4.
Penugasan
M.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal (10 menit)
a.
Guru memberikan salam
b.
Peserta didik memulai kegiatan dengan
berdo’a
c.
Mengecek kehadiran siswa
d.
Memeriksa kebersihan kelas dan kerapian
siswa
e.
Apersepsi
“yaitu
mengingat materi tentang menentukan volume balok”. Dan
bertanya “Anak-anak pernahkah kalian melihat tenda saat berkemah pramuka? Bagaimana
bentuk tenda tersebut? (berbentuk bengun prisma segitiga).
Coba kalian sebutkan contoh bangun
yang berbentuk prisma segitiga!”
f.
Menginformasikan tujuan pembelajaran dan
manfaat materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari serta memotivasi siswa tentang
pentingnya materi yang akan dipelajari.
g.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengingatkan pengetahuan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan
Inti (45 menit)
a.
Guru memperkenalkan terlebihdahulubangunprismategak segiempat kepada
siswa.(Ekplorasi)
b.
Guru bertanyajawabtentangbentukprismategaksegitigaberdasarkanpengalaman-pengalamannya.
(Eksplorasi)
c.
Guru
mengajaksiswauntukmelakukanperagaanmemasukkankubussatuankedalamkacaberbentukprismategaksegiempat.
(Eksplorasi)
d.
Siswadibimbinguntukmemperagakancaramembuatprismategaksegitigadengancaramembelahprismategaksegiempatmenjadiduabagian
yang sama. (Eksplorasi)
e.
Siswadibimbinguntukmenentukanrumusvolumprismategaksegitigayang
diturunkandarivolumprismasegiempat. (Elaborasi)
f.
Guru memberikancontohsoalprismategaksegitigadenganmenurunkanrumusprismategaksegiempat.
(Konfirmasi)
g.
Guru memberikanbeberapasoalprismategaksegitiga.
(Elaborasi)
h.
Siswadimintamengerjakansoaltersebut di papantulis.
(Elaborasi)
i.
Guru dan siswa
mengoreksijawaban
yang dikerjakansiswadi papantulisdan
menanyakan materi yang belum dimengerti.(Konfirmasi)
j.
Guru memotivasi, mendorong, dan memberi
hadiah berupa pujian kepada siswa yang mempresentasikan hasil kerjanya. (Konfirmasi)
k.
Gurumemberikankesempatankepadasiswauntukmengajukanpertanyaantentangmateri
yang dipelajari.(Konfirmasi)
l.
Siswa bersama guru meluruskan kesalahan
pemahaman,
memberi penguatandan penyimpulan.(Elaborasi)
m. Guru memberilatihansoalprismategaksegitiga.
(Elaborasi)
n.
Guru
memperkenalkanlagutentangprismategaksegitiga. (Elaborasi)
o.
Guru
mengumpulkanlatihan yang dikerjakansiswa. (Konfirmasi)
3. Penutup
(15 menit)
a.
Guru menanyakan materi yang belum
dipahami.
b.
Guru menyimpulkan materi hari ini dan
memberikan evaluasi.
c.
Guru memberi kata-kata pujian kepada
siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
d.
Refleksi :
1) Siswa
mengungkapkan kesan terhadap pentingnya belajar
volume prisma tegak segitiga
2) Guru
menginformasikan kepada siswa pada pertemuan berikutnya mempelajari
tentang menghitng volume tabung.
3) Pelajaran
diakhiri dengan salam dan do’a
e.
Guru memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah
(terlampir)
N. Evaluasi/Penilaian
1.
Evaluasi
Teknik : Tes
JenisTes : Tertulis
BentukTes : Essay
AlatTes : Soal
2.
Soal
latihan
Kerjakansoalberikut!
1.
Hitunglah
volume prismasegitigaberikut.
Kuncijawaban:
a.
Diketahui:
Alas = 8 cm
Tinggi
segitiga = 5 cm
Tingiprisma = 6 cm
Ditanyakan:Volumprismategaksegitiga
= ?
Penyelesaian:
Volume prisma = L × t
= (1/2
× 8 cm × 5 cm) × 6 cm
=
20 cm2 × 6 cm = 120 cm3
Jadi, volume prismasegitigatersebutadalah
120 cm3.
b.
Diketahui:
Alas = 9 cm
Tinggi segitiga = 5 cm
Tingiprisma = 8 cm
Ditanyakan:
Volumprismategaksegitiga = ?
Penyelesaian:
Volume prisma = L × t
= (1/2
× 9 cm × 5 cm) × 8 cm
= 22,5 cm2× 8 cm = 176 cm3
Jadi, volume prismasegitigatersebutadalah
176 cm3.
c.
Diketahui:
Alas = 3 cm
Tinggi segitiga = 4 cm
Tingiprisma = 12 cm
Ditanyakan:
Volumprismategaksegitiga = ?
Penyelesaian:
Volume prisma = L × t
= (1/2
× 3 cm × 4 cm) × 12 cm
= 6
cm2 × 12 cm = 72 cm3
Jadi, volume prismasegitigatersebutadalah
72 cm3.
d.
Diketahui:
Alas = 7 cm
Tinggi segitiga = 5 cm
Tingiprisma = 11 cm
Ditanyakan:
Volumprismategaksegitiga = ?
Penyelesaian:
Volume prisma = L × t
= (1/2
× 7 cm × 5 cm) × 11 cm
= 17,5 cm2× 11 cm = 192,5 cm3
Jadi, volume prismasegitigatersebutadalah
192,5 cm3.
e.
Diketahui:
Alas = 4 cm
Tinggi segitiga = 5 cm
Tingiprisma = 12 cm
Ditanyakan: Volumprismategaksegitiga
= ?
Penyelesaian:
Volume prisma = L × t
= (1/2
× 4 cm × 5 cm) × 12 cm
=
10 cm2 × 12 cm = 120 cm3
Jadi, volume prismasegitigatersebutadalah
120 cm3.
3. Penilaian
TesHasil
|
No. Soal
|
Bobot
|
Skor
|
|
1
|
2
|
20
|
|
2
|
2
|
20
|
|
3
|
2
|
20
|
|
4
|
2
|
20
|
|
5
|
2
|
20
|
|
JumlahSkor
|
100
|
|
KriteriaPenilaianSkor:
Skormaksimal: Diketahui = 7
Ditanyakan = 3
Penyelesaian = 10
O.
Media
dan Sumber Pembelajaran
1. Media
/ alat peraga
a.
Kubus satuan
b.
Balok
c.
Prisma Tegak Segitiga
d.
Soal
2. Sumber
pembelajaran
· M.
Khafis Kasri & Suyati. 2006. Pelajaran
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas VI. Jakarta: Erlangga, hal:
· A. Dadi Permana & Triyati. 2007.
Bersahabat dengan Matematika untuk SD dan MI kelas VI. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, hal: 40-42
· Y.D. Sumanto,dkk. 2007. Bersahabat dengan Matematika untuk SD dan MI kelas VI. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, hal: 60-63.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar